Rabu, 28 November 2012

Simulasi, Tingkatkan Kapasitas Kelompok Rentan Terhadap Bencana



     Banyak upaya dilakukan dalam peningkatan kapasitas kelompok rentan dalam menghadapi kemungkinan adanya bencana.  Kelompok rentan di antaranya adalah anak-anak difabel/penyandang cacat. 
Mereka diupayakan mendapatkan informasi dan langkah penyelamatan diri sehingga dapat melindungi diri serta memahami cara mengevakuasi diri apabila ada kemungkinan terjadi bencana.
       
     Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya peningkatan kapasitas anak-anak difabel/ penyandang cacat yaitu di antaranya sosialisasi dan simulasi gempa bumi di sekolah luar biasa. 


Kegiatan ini diikuti siswa-siswa, orang tua, guru, serta pegawai di lingkungan sekolah sehingga ada kesepahaman antara siswa, guru, dan orang tua dalam melakukan penanggulangan bencana



     Melalui sosialisasi dan simulasi gempa bumi, anak-anak di lingkungan sekolah luar biasa mendapatkan informasi mengenai kemungkinan bencana gempa bumi, langkah perlindungan diri di dalam & luar ruangan apabila terjadi gempa bumi, dan cara mengikuti petunjuk evakuasi karena bencana gempa bumi biasanya diiringi rangkaian peristiwa seperti: bangunan roboh, kaca pecah, kebakaran, tanah longsor/amblas/retak, atau bahkan tsunami (apabila di tepi pantai atau danau).

     Kegiatan ini diharapkan menjadi satu langkah dalam meminimalkan jatuhnya korban dan timbulnya kerugian akibat dari bencana.(admin)
     

2 komentar: